Tips Mengobati Infeksi Saluran Kemih (Anyang-Anyang)

Tips Mengobati Infeksi Saluran Kemih (Anyang-Anyang)

Infeksi Saluran Kemih
Infeksi Saluran Kemih
Pertama, cara cepat. Saya bilang cara sepat. Karena nggak ada yang bisa tahan kalau sudah kena anyang-anyang alias Infeksi saluran kemih (ISK). Rasanya pedih tersayat di pucuk liang kemih. Dikeluarkan sakit, ditahan lebih sakit. Tidak nyenyak tidur, tidak enak makan, tidak jenak duduk, bawaannya uring-uringan.

Kalau kondisinya parah sekali, saya menyarankan anda pakai cara cepat. Yaitu, minum antibiotik khusus untuk penyakit infeksi saluran kemih. Merek dagang sih beda-beda. Saya ketika terkena anyang-anyang untuk beberapa hari yang lalu sejak artikel ini saya tulis minum Urotractin. Bisa dibeli bebas di apotek.

Kandungannya pipemidic acid 400 mg. Bentuknya kapsul. Diminum stiap 12 jam sekali sampai habis (1 papan 10 kapsul). Sekitar 5 hari berturut. Antibiotic ini akan membasmi seluruh bakteri jahat dan baik sekaligus yang ada di area saluran kemih.

Karena ini obat kimia sintetis, tentu saja penggunaan dalam jangka panjang akan menimbulkan efek samping. Mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Maka saya menganjurkan untuk disiplin mengikuti aturan minum. Karena kalau tidak disiplin, akan menyebabkan bakteri jahat belum mati semua, sementara bakteri baik sudah pasti mati. Jika tidak disiplin meminumnya, ada kemungkinan penyakit anyang-anyang kambuh lagi. Tentu saja dibutuhkan antibiotik yang dosisnya lebih tinggi dari antibiotik ini. Diminum setelah makan, setiap 12 jam sekali (tidak boleh kurang ataupun lebih), dan harus dihabiskan.

Insyaa Allah… setelah jadual minum yang kedua, rasa nyeri sudah sedikit reda. Meski sayatan dipucuk saluran kemih masih terasa.

Antibiotik saja tidak cukup. Anda juga harus meminum obat anti nyeri khusus untuk penyakit infeksi saluran kemih. Namanya Urogetix.

Kandungannya Phenazopyridine HCI 100 mg. Diminum setiap 8 jam sekali. Dan harus dihabiskan juga. Obat ini mengandung antiseptic untuk membantu mensterilkan saluran kemih dari bakteri dan kuman.

Obat ini juga memiliki efek samping yang tidak ringan. Selama minum obat ini air seni menjadi sangat keruh. Saya agak ngeri melihat warna urine yang coklat pekat. Sebenarnya secara aturan minum, harus dihabiskan sebagaimana antibiotic. Namun karena takut dengan perubahan warna urine saya mengehentikan minum obat nyeri ini, setelah anyang-anyang sudah benar-benar tak saya rasakan lagi.

Kedua, ramuan herbal. Yaitu dengan minum air rebusan daun kumis kucing. Daun kumis kucing, meniran, dan akar alang-alang masing-masing 30 gram lalu dicuci sampai bersih. Bahan-bahan tersebut selanjutnya dipotong-potong seperlunya lalu direbus dalam tiga gelas air hingga hanya tersisa setengahnya. Setelah dingin, air tersebut kemudian diminum masing-masing setengah gelas sebanyak tiga kali sehari. tidak mau repot dengan ramuan herbal, anda bisa coba herbal alami yang sudah diformulasikan seperti acemax dan propolis. bisa dibeli di Toko herbal saya.

pijat refleksi untuk terapi anyang-anyangKetiga, pijat refleksi. Pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan buku jari telunjuk atau jari tengah, bisa juga dengan menggunakan alat pijat untuk refleksiologi yang biasanya terbuat dari kayu atau plastik.

Tekan dengan keras sambil memijat dengan arah sesuai dengan gambar di awal artikel ini hingga terasa sakit terutama pada bagian ujung (bladder) secara berulang-ulang selama beberapa menit hingga anyang-anyangan anda hilang.

Bagian bladder di telapak kaki itu biasanya permukaannya agak menonjol sedikit di bagian sampingnya.

Agar buku jari tidak sakit karena gesekan dengan telapak kaki selama pemijatan, oleskan body lotion atau minyak urut secukupnya.

Selain pemijatan pada bagian saluran kemih, lakukan juga pemijatan pada bagian ibu jari. Untuk ibu jari ini cukup ditekan saja hingga terasa sakit.

Jangan lupa minum air secukupnya setelah melakukan refleksi tersebut untuk memperlancar pembuangan urine.

Yang terpenting dalam melakukan refleksiologi ini adalah mengetahui bagian mana yang perlu ditekan/ direfleksi. Titik refleksi pada telapak kaki yang keliru akan menyebabkan tidak adanya rangsangan pada syaraf yang dituju sehingga tidak akan ada manfaatnya. Untuk saya sendiri biasanya lebih saya utamakan bagian bladder. Begitu bagian bladder saya tekan anyang-anyangannya langsung berkurang.

Demiianlah tips mengobati infeksi saluran kemih (anyang anyang) yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat ya… Kalau sudah tidak anyang-anyangan lagi silahkan lakukan tips pencegahan anyang-anyang, agar kita tak perlu merasa sakit yang berulang (kambuh-kambuhan). Jauhi juga berbagai penyebab penyakit anyang-anyang ini agar sebisa mungkin menghindarinya sejak dini. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya.  

Related

Kesehatan 5297686826893996468

Post a Comment

emo-but-icon

Tulisan Unggulan

Sebulan Bisa Hafal Satu Juz?

Hafalan Al-Qur'an Yuuuk Saya memulai jadwal tahfidz harian ba'da shubuh. Saat suasana masih sangat tenang, Goma masih lelap ...

Catatan Terbaru

item