Homeschooling ala ala Bunda Naufa

Homeschooling ala ala Bunda Naufa



Homeschooling ala ala bunda Naufa
Outing Class di Lembah Gurame, Depok
Tarik nafas dulu yah... beban berat. Dalam kehidupan yang serba matre kek begindang rasa-rasanya gak bisa untuk gak ngeluh. Tapi ngeluh bukan solusi kan ya... of course! Jd catatan ini sy maksudkan bukan untuk mengeluh. Catet.

"Apa kalian gak punya duit untuk nyekolahin anak?" kata sepupu yang sempet mampir kerumah. Pertanyaan ini hampir mirip dengan "apa kalian gak punya duit buat lahiran di klinik bidan apa rumah sakit?"

"Ndeso banget sih lahiran dirumah, gak keren blas"
Kalian ini aneh! lahiran homebirth, sekolah homeschooling, kerja cari nafkah homeworking (emang ada yah istilah homeworking? Eleeeh sekata-kata dah

"Naufa sama Naura dibawa pulang ke Lampung biar disekolahin di sini aja sama Nakong, wong udah besar kok ga sekolah" suara ayahku memberi tendensi tanda mengkhawatiri nasib cucu-cucunya.

"Udah kelas berapa?"
"Sekolah dimana?"
"Oh... Homeschooling ya..."
"Mau jadi apa anak gak disekolahin?"

Eh aku gak baper ya... ini posting untuk jawab tanda tanya besar bagi yang penasaran dengan Naufa Naura yang hingga hari ini belum sekolah formal.

Sebenarnya, homeschooling itu bukan solusi tuntas. Serius. Homeschooling itu just only part of my effort doang. Secara aslinya aku pengennya anak-anak ya sekolah formal... biar ketemu temen-temen yang baik, guru-guru yang baik, lingkungan yang baik, suasana yang baik, gak cuma ketemu ayah bundanya yang jauuuuh banget dari kata 'baik' tapi... tau sendirilah kondisi pendidikan gini hari.

Sekolah mahal? Ya iyalah jangan ikut mental gratisan napa? Di Depok ini untuk bisa masuk sekolah kategori berkualitas, mesti nyiapin paling gak 15 jt tuk bea masuk. Ada sih yang agak murah, kisaran 6 - 8 jt per anak lho ya. Bea bulanannya kisaran 500 rebu sampe jutaan ada. Bea katringnya 400 rebu. bea lainnya. Kagak tau ane. Itu ya mak, jd kalo mau yang bagusan sekolahnya siapin dana masuk minimal 12 - 25 jt untuk duo N.

Kurikulumnya gimana? Waduh jangankan eike yang bukan siapa-siapa, sekaliber para pengambil kebijakan juga mumet kepala mau ganti2 kurikulum. Gmn ya... kata sayah mah, gak standar banget. Apalagi ini hari gunjang-ganjing full day school. Wes mbooh lah.
Gak sedikit anak-anak sekolah yang stress dengan seabreg tugas, homework, PR en de geng. Sempet ngintip apa aja sih yang pelajari anak sd seusia naufa? Wow amazing... ortu wali murid pun dibikin pusing tuing-tuing.

Kalo sosialnya gimana? Kan kasian anak-anak jadi kuper. Justru ini yang agak riskan. Ditengah serbuan pornografi yang gila-gilaan. Ditengah budaya bullying yang sudah banyak makan korban. Sangat mengerikan bagi saya melepaskan anak-anak bersosial dengan lingkungan yang amburadul. Bukan maksud saya meng"kandangkan" anak-anak saya di rumah sehingga mereka jd kurang sosialisasi. Tetapi memilihkan lingkungan yang kondusif supaya tugas saya nih nggak jadi double. Meminjam istilah teman saya: abis dari sekolah brain wash lagi.

Jd ibarat teko, sy ingin memenuhkan isi teko dengan air bersih tar kalo sudah penuh sok atuh kalo mau luber kemana-mana. Keknya analogi ini rada-rada maksain ya....
Nah-nah, jadi dah mantep saya ama bapaknya Naufa Naura untuk homeschooling. Bukan kagak belajar ya... bedain antara gak sekolah formal ama gak belajar.

Nah, apa aja sih yang mereka berdua ini pelajari, targetnya gimana, trus capaiannya gimana, evaluasinya ada gak? Itu yang coba pengen saya curhatin.

Saya baru memulai secara serius program homeschooling diusia Naufa 7 tahun. Gitu juga Naura. Jadi yang dibawah 7 tahun belum diseriusin. Maksudnya diseriusin itu dari aspek kedisiplinan.

Misalnya target tahfidz Naufa 1 hari 1 halaman mushaf. 1 bulan 1 juz. Setahun 12 juz. Maksimal 3 tahun sudah hafidz. Artinya hafalan alqur'an 30 juz mesti dah rampung saat Naufa usia 10 tahun. Kagak boleh lebih.

Nah itu penekanan pada target harian mesti tercapai. Jd kalo Naufa usianya sekarang 7 tahun 5 bulan, mestinya sudah tercapai target 5 juz.

Adapun Naura, karna usianya masih 5 tahun 10 bulan jd kedisiplinan belum begitu saya tekankan. Meski begitu, dia sdh harus dibiasakan. Jd standar hafalan blm seperti Naufa. Naura baru dapat 3 juz, lumayan lah untuk latihan. Jd untuk Naura masih banyak jadwal main nya ketimbang 'nggethu' sinau.

Selain hafalan apalagi yang di pelajari?
Ada sejarah, membaca buku, menulis sinopsis, matematika sederhana, tazkiyatun-nafs, bahasa arab, bahasa inggris, Fiqh ibadah, kesehatan, tataboga, tata rumah, sains anak.
Mungkin ditulisan mendatang bisa dicurhatin lanjutannya ya...

See U later Mak...

Nb: itu seragam bukan seragam homeschooling ya... 

Related

Parenting 7303591151148332207

Post a Comment

emo-but-icon

Tulisan Unggulan

Sebulan Bisa Hafal Satu Juz?

Hafalan Al-Qur'an Yuuuk Saya memulai jadwal tahfidz harian ba'da shubuh. Saat suasana masih sangat tenang, Goma masih lelap ...

Catatan Terbaru

item