Cara Aman Menghindari Nyamuk Ketika Tidur

Cara Aman Menghindari Nyamuk Ketika Tidur

Cara aman menghindari nyamuk saat tertidur
Hati-hati dengan nyamuk saat tertidur
Nyamuk itu kecil. Tapi karna badannya yang kecil, acap kali justru menimbulkan gangguan. Saat tidur misalnya, tentu tidak nyaman sekali jika makhluk kecil ini berdendang riang diantara kedua telinga kita. Apalagi jika disertai gigitan di sekujur badan. Selain gatal, juga bisa berdampak pada sakit akut yang tak jarang menghantarkan seseorang pada kematian. Sebut saja penyakit DBD, Malaria, Cikungunya penyebab utamanya adalah nyamuk.

Dari masa ke masa, makhluk kecil ini kerap menimbulkan gangguan yang tidak bisa dianggap remeh. Bahkan raja kejam Namrudz yang hidup pada masa nabi Ibrahim pun di adzab dengan pasukan nyamuk yang membuat mereka mati semua.

Nah, catatan saya kali ini ingin berbagi tentang cara aman menghindari nyamuk saat kita tidur. Soalnya kalau kita sedang terjaga, kita relatif bisa membasminya. Tapi saat kita tidur? Alamaaak.

Jangan termakan oleh iklan perusahaan anti nyamuk. Baik itu produk elektrik, obat nyamuk bakar, obat nyamuk oles, obat nyamuk semprot dll. Menurut hemat saya, produk-produk tersebut walaupun berstatus aman tetap saja bahan utamanya adalah racun yang bisa membuat nyamuk tepar, pingsan bahkan mati.

Seaman apapun racun, tetaplah berbahaya. Mungkin efeknya tidak langsung terasa. Mungkin baru dirasa berpuluh tahun yang akan datang. Setelah mengendap dalam tubuh secara perlahan. Oleh karenanya saya sama sekali tidak mengambil cara-cara tersebut.

Lalu bagaimana caranya? Berikut saya ceritakan resep turun temurun yang sungguh manjur dan aman untuk menghindari gigitan nyamuk terutama saat kita tidur.

Agar Tak Digigit Nyamuk Saat Tertidur

Ini adarah resep warisan. Saya mewarisi ini dari keluarga saya. Sejak saya kecil hingga sekarang ibu saya tak pernah melupakan resep ini. Alhamdulillah... Sayapun menerapkannya pada keluarga kecil saya. Jawabannya cukup simple, kelambu. Anda tahu kelambu? Ya, kelambu semacam jaring berpori sangat halus yang dipasang melingkupi tempat tidur.

Alat ini terbukti efektif dan efesien mengamankan seseorang saat tidur dari gigitan nyamuk atau sekedar dengungannya. Tidak ada asap maupun gas beracun yang akan menggangu sistem pernafasan kita sebagaimana lazim kita jumpai pada obat nyamuk bakar dan semprot. Pun tidak ada iritasi kulit tersebab obat nyamuk oles yang mengandung zat-zat berbahaya. Juga tidak ada racun nyamuk, yang sangat mungkin juga membunuh kita.

Berdasarkan testimoni dari suami saya, beliau menyatakan bahwa kelambu (hingga saat kami dikarunia anak dua) adalah cara terampuh dan teraman menghindari nyamuk saat tertidur. Hehe tentu saja ada syarat dan ketentuan berlaku ya...

Syaratnya jangan tidur menempel tepat di kain kelambu. Sebab akan membuat nyamuk jejingkrakan karena pesta yang mereka rayakan. Terus tidurnya jangan pencilaan. Apa itu pencilaan? Pencilaan konon disebut juga sebagai pecicilan. Posisi tidur akrobatik. Posisi tidur ini bisa membuat kain kelambu terbuka. Itu artinya ahlan wa sahlan wahai nyamuk, silahkan menyantap darah ini.

Posisi tidur yang pencilaan juga bisa membuat tubuh keluar dari area aman kelambu. Jadi sebelum tidur pastikan bahwa gaya tidurnya tenang. Misalnya sulit memdisiplinkan tidur tenang, ada baiknya tidur dalam keadaan diikat tangan dan kakinya. Bukan dipasung. Ini menghindari akrobatik tadi. Hehe

Oya, yang lainnya pastikan juga pori-pori kelambu tidak terlalu besar yang bisa menyebabkan nyamuk bisa lolos. Juga tidak terlalu rapat, yang menyebabkan sirkulasi udara jadi minim. Hal ini penting untuk menjaga kualitas oksigen yang kita hirup selama tertidur.

Pilihlah kelambu dengan motif dan warna yang nyaman dengan selera anda dan keluarga. Cuci dan wangikan kelambu minimal 3 hari sekali. Supaya tidur anda semakin berkualitas. Demikianlah cara aman menghindari nyamuk terutama saat tertidur. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Selamat mencoba. Jika anda punya cara lain silahkan berbagi di kolom komentar.

Related

Kesehatan 8294310315227761554

Post a Comment

  1. Kata anakku supaya aman ga diganggu nyamuk wkt tidur: tidur yang pules...hehehe

    ReplyDelete

emo-but-icon

Tulisan Unggulan

Sebulan Bisa Hafal Satu Juz?

Hafalan Al-Qur'an Yuuuk Saya memulai jadwal tahfidz harian ba'da shubuh. Saat suasana masih sangat tenang, Goma masih lelap ...

Catatan Terbaru

item