Cara Membuat Donat Ala Bu Agusmita Ahmad

Cara Membuat Donat Ala Bu Agusmita Ahmad

Cara membuat donat kentang
Donat Kentang
Sebuah Pengantar: catatan ini adalah catatan dari seorang teman saya yang jago memasak. Saya sudah cicipi masakan beliau yang mak nyus saat kami mudik lebaran tahun 2014. Nah... beliau mengajukan untuk jadi penulis tamu nih di blog pribadi saya. Buat anda yang sedang mencari info cara membuat donat kentang, mudah-mudahan catatan ini bermanfaat ya, sehingga saya juga kecipratan pahalanya. aamiin... selamat mencoba.

*****

Selamat datang di blog Bunda Naufa. Kali ini saya akan sharing resep membuat donat untuk pembaca yang budiman. Apakah anda pernah membuat donat? Susah nggak sih membuatnya? Apakah hasilnya memuaskan?

Baiklah kali ini saya Bu Mita (Asal Kerinci-Jambi) akan berbagi Cara Membuat Donat dengan baik dan benar untuk anda. Saya menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya. Penjelasannya cukup mendetil dan lengkap. Harapannya anda bisa dengan asyik dan enjoy praktek membuat donat di dapur. Mudah-mudahan tulisan ini dapat menambah ilmu bagi yang belum bisa bikin donat. Juga menjadi tambahan pengetahuan bagi yang udah pernah bikin. Selamat membaca dan menyimak.

Cara Membuat Donat Kentang

Pertama, bahan-bahan membuat donat. Bahan dasarnya adalah kentang yang dihaluskan. Siapkan 1/2kg kentang. Rebus kentangnya terlebih dahulu sampai matang. Kemudian kupas kulitnya dengan tangan. Serut kentangnya pakai saringan kawat besi agar hasilnya halus maksimal. Jangan diblender atau digiling, ya, karena hasilnya tidak bagus.

Bahan selanjutnya adalah bahan perekat dan perasa. Sediakan 1kg tepung terigu (Kualitas yang bagus adalah merk Segitiga Biru). Lalu siapkan 1/4kg gula pasir, 3 butir telur ayam, 200 gr mentega/ margarine yang sudah dicairkan atau dilelehkan. Cara melelehkan mentega adalah dengan memanaskannya di wajan. dan 1 gelas air putih.

Selain bahan diatas, ada juga bahan pengembang yaitu ragi donat. Tidak semua ragi kue bisa kita gunakan untuk membuat donat. Ragi yang bisa digunakan untuk donat adalah yang terdapat keterangan untuk membuat donat di belakang bungkusannya. Karena itu, perhatikan dengan seksama sebelum membeli. Atau tanyakan langsung pada pemilik toko.

Sediakan 2/3 gelas air lalu masukkan 1 bungkus ragi ke dalamnya. Aduk-aduklah sampai merata. Lalu diamkan selama 2 jam. Ini adalah jumlah waktu minimal. Anda bisa juga mendiamkannya selama 5 jam. Semakin lama didiamkan semakin bagus hasilnya.

Kedua, cara mengadon bahan donat. Sebelum mulai, siapkan mangkok/wadah besar sebagai tempat mengadon bahan donat. Berikut ini adalah urutannya: Masukkan 1 kg tepung terigu ke dalam wadah. Masukkan 3 butir telur ayam. Masukkan mentega cairnya. Aduk-aduklah dengan tangan atau centong nasi hingga merata, sampai tidak ada gumpalan lagi. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Selanjutnya, masukkan kentang halusnya ke dalam wadah juga gula pasir. Aduk sampai rata. Kalau mau cepat, pengadonan boleh pakai tangan. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 5 menit. lalu masukkan ragi. Aduk-aduk adonannya. Sambil diaduk, masukkan air perlahan-lahan dengan jeda beberapa kali remasan. Proses ini butuh waktu 3-5 menit.

Ketiga, cara mengembangkan donat. Ini dia rahasianya. Setelah adonannya tecampur rata, rapikan. Bentuklah bulat atau bulat memanjang. Lalu tutup rapat dengan plastik atau penutup kue. Diamkan selama 2 jam agar raginya dapat bekerja, mengembangkan adonan.

Ada dua ciri adonan yang sukses. Adonan donatnya mengembang dua kali atau tiga kali lipat dari ukuran sebelumnya. Bila disentuh pakai jari, adonannya tidak lengket. Dan jari akan terasa berminyak.

Keempat, cara membentuk bulatan donat. Tidak terlalu sulit kok. Anda bisa menggunakan tangan, dan atau juga bisa menggunkan alat pembentuk donat. Kalau pakai tangan, terlebih dahulu, lumuri tangan anda dengan terigu supaya tidak lengket. Kemudian ambil segumpal kecil adonan donatnya. Bentuk bulat seperti bola lalu lalu tusukkan jari ke tengahnya untuk membentuk cincin. Ratakan dan rapikan sampai berbentuk bulatan donat.

Kalau anda memilih menggunakan alat, maka anda harus membeli alatnya dulu, dijual banyak di pasar. Tapi kalau anda belum ingin membeli alatnya, cukup gunakan mulut gelas dan tutup botol sirup.

Siapkan meja datar yang bersih atau bila tidak ada, cukup pakai nampan besar yang permukaannya datar. Taburi permukaannya pakai terigu  agar tidak lengket. Kemudian letakkan beberapa genggam adonan donat di atasnya.Gunakan botol untuk meratakan adonan. Agar tidak lengket, jangan lupa oleskan tepung terigu pada dinding luar botol. Untuk membentuk lingkaran luar donat, tekan mulut gelas diatas permukaan adonan. Sementara untuk membuat lubang tengah donat, tekan tutup botol ke atas adonan. Dengan demikian, terbentuklah donatnya dengan sempurna. Ulangi cara diatas hingga semua adonan donat habis.

Kelima, cara menggoreng donat. Menggoreng donat juga sangat mudah. Tidak ada trik khusus disini. Pertama-tama, panaskan minyak goreng di dalam wajan. Atur apinya dengan ukuran kecil supaya tidak cepat gosong. Tunggu sebentar, setelah minyak gorengnya matang masukkan donatnya satu-per satu ke dalam wajan.

Donat terdiri atas dua bagian permukaan. Gorenglah sampai permukaan satu agak kecoklatan, sedangkan permukaan lainnya agak kuning kecoklatan.  Permukaan yang kecoklatan kita gunakan sebagai tempat toping/ hiasan donat. Sedangkan permukaan satunya yang berwarna putih kecoklatan, kita gunakan untuk bottom alias dasar donat.

Keenam, cara membuat toping/ hiasan donat sederhana. Ada banyak teknik merias donat, kalau dijelaskan akan sangat panjang. Di sini saya hanya menjelaskan cara yang sederhana saja, yang simpel, yang mudah diterapkan dan bahannya mudah didapat. Namun tidak mengurangi tujuan dari pembuatan donat itu sendiri, kelezatan dan fungsinya yang bisa mengganjal perut yang lapar.

Cara mudahnya adalah dengan melumuri permukaan donat dengan gula putih. Lalu taburkan mesis sesuai selera. atau bisa juga dengan menaburkan donat ke dalam gula halus. Anda bisa pilih salah satu atau kedua-duanya sekaligus untuk menghasilkan donat kesukaan anda. Semua tergantung selera kita masing-masing.

Untuk menghidangkan donat, letakkan di atas piring cantik, tata dengan baik. Jangan lupa dampingi dengan beberapa gelas kopi atau teh manis. Dengan demikian donatnya siap untuk disantap keluarga, teman atau tetangga anda. Demikianlah cara membuat donat kentang ala bu Mita. Semoga bermanfaat dan semoga anda sukses mempraktekkannya.

Related

Kuliner 3194759004104781006

Post a Comment

emo-but-icon

Tulisan Unggulan

Sebulan Bisa Hafal Satu Juz?

Hafalan Al-Qur'an Yuuuk Saya memulai jadwal tahfidz harian ba'da shubuh. Saat suasana masih sangat tenang, Goma masih lelap ...

Catatan Terbaru

item