Agar Bisa Datang Tepat Waktu Saat Halaqah

Agar Bisa Datang Tepat Waktu Saat Halaqah

Agar bisa datang tepat waktu saat halaqah
Halaqah adalah majlis tholabul 'ilmi
Halaqah adalah salah satu moment penting dalam hidup saya. Perubahan saya saat ini tidak terlepas dari halaqah yang saya jalani sejak akhir 2002 lalu. Ya, sejak bertemu dengan seorang dosen statistik di sebuah universitas di Bandar Lampung. Dari beliaulah perjalanan halaqah saya mulai.

Halaqah adalah sebuah majlis ilmu yang di dalamnya terjadi pergeseran makna-makna. Makna kehidupan, makna kebahagiaan, standar perbuatan, hingga membangun muroqobatullah (merasa diawasi oleh Allah), khouf dan raja’ (takut dan harap) bahkan cita-cita tertinggi dalam hidup ini, saya rajut dari halaqah.

Halaqah adalah sebuah pertemuan istimewa. Tempat berkumpulnya pecinta ilmu dan perindu surga. Maka bagaimana bisa kita menyepelekan makna pertemuan ini.

Tips Bisa Datang Tepat Waktu Saat Halaqah.

Pertama, catat  dan ingatlah baik-baik jadwal halaqah. Baik hari maupun waktunya. Tempelkan di dinding kamar atau pintu masuk kamar. Bila perlu ditulis dengan stabilo berwarna mencolok. Agar kesannya kuat masuk dalam benak. Ini dilakukan bukan sekedar agar bisa datang tepat waktu saat halaqah, namun mengatisipasi agar kita bahkan tidak melupakan pertemuan istimewa ini.

Kedua, managemen waktu yang baik. Faktor yang sering membuat seseorang terlambat datang ke halaqah adalah buruknya manajemen waktu pribadi. Soalnya, persiapan halaqah bukan sekedar terkait diri kita pribadi.

Bagi yang sudah berumah tangga dan punya anak, harus menyiapkan tertunaikannya kewajiban sebagai istri, pengatur rumah tangga sekaligus ibu bagi anak-anak.
Berarti satu atau dua jam sebelum jadwal halaqah dipastikan semua kewajiban kita tertunaikan.

Bagi yang masih lajang, managemen waktu juga tidak kalah penting. Karna ini menyangkut penunaian kewajiban sebagai anak atau status anggota keluarga lainnya.

Ketiga, perkirakan durasi perjalanan. sebelum berangkat, perkirakan waktu yang di butuhkan untuk perjalanan ditambah dengan kemungkinan macet. Misalnya, perjalanan dari rumah ke tempat perhalaqohan sekitar 45 menit naik angkot. Ditambah dengan kemungkinan macet 30 menit. Waktu jeda 15 menit. Jadi berangkat halaqah 1 jam setengah sebelum perhalaqohan dimulai.

Keempat, jangan menunda. Seringkali, seseorang terlambat halaqah karena punya kebiasaan menunda. Menunda apapun. Termasuk menunda menyiapkan rumah, anak-anak, suami, orangtua,menunda berangkat lebih awal karna merasa waktu masih panjang, menunda mandi dll. Tentu saja, kebiasaan menunda ini sangat erat kaitannya dengan manajemen waktu masing-masing individu.

Kelima, selalu mengingat arti penting halaqah. Bahwa halaqah adalah pabrik yang mencetak individu bersyakhshiyah islamiyah. Dalam halaqahlah terdapat ujung tombak pergerakan dakwah.

Sebelum berangkat halaqah ada baiknya kita renungkan hadis rasulallah tentang menuntut ilmu. Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda:  

“Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (H.R Muslim)

”Sesungguhnya para malaikat benar-benar membentangkan sayapnya karena ridho atas apa yang dicarinya,” (HR. Ahmad dan Ibnu majah).  

Semoga kita termasuk orang-orang yang dimudahkan jalannya menuju surga, kehidupan yang abadi. Yang didambakan oleh setiap muslim dan muslimat.

Related

Dakwah 2116334015594611904

Post a Comment

emo-but-icon

Tulisan Unggulan

Sebulan Bisa Hafal Satu Juz?

Hafalan Al-Qur'an Yuuuk Saya memulai jadwal tahfidz harian ba'da shubuh. Saat suasana masih sangat tenang, Goma masih lelap ...

Catatan Terbaru

item