Mengatasi Bayi Kembung

Mengatasi Bayi Kembung

Mengatasi Bayi Kembung
Pijatan membantu mengatasi bayi kembung
Mengatasi Bayi Kembung—Punya bayi itu memang menyenangkan. Apalagi kalau sudah lama menunggu kehadirannya. Hm... menggemaskan.

Sayangnya, si kecil rentan dengan berbagai penyakit. Kalau sudah begitu, orang tua mana sih yang nggak panik. Sampai-sampai, ada lho yang ayahnya malah ‘gulung kuming’ ngeliat anaknya nangis nggak ketulungan. Seperti malam ini, Fauzan nangis terus. Tangisnya tak seperti biasanya, tangis tanda kesakitan.

Karena rumahnya persis bersebelahan dengan kami, suara tangisnya nyata kerasnya. Padahal biasanya, Fauzan jarang menangis. Jam sudah menunjukkan pukul 21.15 WIB waktu surabaya, hujan baru saja turun, deras sekali. Dua bidadariku telah lelap tertidur, aku keluar rumah untuk melihat kondisi Fauzan.

Mbah utinya, tampak mondar-mandir keluar masuk rumah untuk menenangkan Fauzan. Bayi berusia 6 bulan itu nangis bukan kepalang, perutnya sampai mengeras. Ibunya panik, matanya memerah dan tampak bingung mengatasi kerewelan Fauzan. Ayahnya, lebih parah lagi mengira Fauzan ketempelan jin. Hehehe...

Begitulah kalau masih anak pertama, melihat mereka aku jadi teringat diriku sendiri 2 tahun silam, saat Naufa masih seusia Fauzan, aku tergesa membawa Naufa ke Dokter spesialis anak karna Naufa ga bisa eek 5 hari, aku begitu gusar, sampai di tempat praktek dokter Prambudi malah aku diketawain, katanya: mengatasi bayi kembung aja kok repot.

Nampaknaya Fauzan sama kasusnya dengan Naufa tempo hari. Namun, bagi ibu muda yang belum ada pengalaman mengasuh anak memang agak sulit mengidentifikasi sumber kerewalan, boro-boro tau resep ter-joss tuk mengatasi bayi kembung, yang ada adalah panik melihat tangisnya yang tak kunjung reda.

Memang... panik bukan lah solusi. Tapi begitulah ibu muda. Ada rasa takut terjadi sesuatu pada si kecil, ada rasa binggung mencari penyebabnya, ada rasa ingin segera selesai masalahnya, pokoknya campur aduk. Mengutip sebuah gubahan, “separuh nafasku... terbang bersama dirinya... saat ia menangis” (ini gubahannya siapa yak... :D).

Nah, pada artikel kali ini aku ingin sharing cara mengatasi bayi kembung. Mudah-mudahan bisa jadi solusi buat yang sedang menghadapi masalah serupa, mudah-mudahan juga bisa jadi catatan amal shalih, kan ilmu yang bermanfaat akan terus tercatat hingga hari akhirat, aamiin.

Cara mengatasi bayi kembung:

  1. Dont be panic, mom! Apapun keadaannya, kita mesti tetap stay cool. Panik hanya akan menambah masalah.
  2. Cari penyebab bayi kembung. Kalo salah identifikasi penyebab, susah mengatasi bayi kembung. Biasanya bayi kembung karena ada gangguan di saluran cerna. Bisa jadi karena nggak cocok dengan susu formulanya, MPASI (makanan pendamping ASI) atau karena masuk angin, terpapar angin di luar, atau kipas angin dan AC.
  3. Matikan kipas angin atau AC, karena keduanya juga akan memperparah kondisi si kecil, kalau si kecil kegerahan dikipasi aja dengan kipas manual (misalnya: kipas dari karton).
  4. Telungkupkan si kecil diatas paha kita (bundanya) posisi ini akan membuat perutnya tertekan paha dan mendorong kentut keluar.
  5. Parut 5 siung bawang merah, taruh di lepekan (piring kecil) campur dengan minyak kayu putih lalu balurkan ke seluruh tubuh. Urut lembut di sekitar daerah sela-sela tulang iga dan perut. Minyak atsiri yang terkandung dalam bawang merah dapat mengatasi bayi kembung.
  6. Kenakan gurita bayi, tapi jangan diikat kencang-kencang ya... agar angin dari luar tubuhnya nggak masuk.
  7. Pakai celana dan kaos singlet saja, agar tidak gerah. Oya jangan dipakein pampers (tambah gerah rek...).
  8. Minumkan PropolisKU 2 tetes perjam. PropolisKU yang berasal dari lebah asli Indonesia cocok untuk bayi baru lahir sekalipun (ini pengalaman bersama 2 putri kami, Naufa dan Naura). Zat aktifnya akan membunuh bakteri, kuman atau virus yang ngendon di saluran pencernaan, yang menyebabkan kembung. Anda bisa mendapatkan propolisKU di www.distroherba.com atau www.herbal-unggul.blogspot.com
  9. Banyak-banyak baca istighfar. Sakit yang dialami si kecil adalah ujian untuk kedua orangtuanya dan kesempatan untuk menggugurkan dosa. Dengan banyak beristighfar, hati kita insyaAllah akan menjadi tenang.
  10. Banyak-banyaklah berdoa, agar apa yang sudah diupayakan bisa menghantarkan kesembuhan untuk buah hati kita.
So... selamat mencoba tips cara mengatasi bayi kembung, moga lekas sembuh ya...

Related

Kesehatan 2769894244612827638

Post a Comment

emo-but-icon

Tulisan Unggulan

Sebulan Bisa Hafal Satu Juz?

Hafalan Al-Qur'an Yuuuk Saya memulai jadwal tahfidz harian ba'da shubuh. Saat suasana masih sangat tenang, Goma masih lelap ...

Catatan Terbaru

item