Memulai Belajar Nahwu

Memulai Belajar Nahwu

Memulai Belajar Nahwu
Ini adalah materi di Fans Page belajar nahwu yang saya kelola, supaya tidak hilang saya save disini juga.

Belajar bahasa dimana-mana menurut saya selalu menyenangkan. Sebelum belajar Bahasa Arab, saya pernah belajar Bahasa Inggris.

Meski hanya 1 tahun saja, tapi pembelajaran di Teknokrat tempo dulu, memberi tahu saya satu hal penting. Bahwa belajar bahasa begitu istimewa. Karena bahasa adalah kunci ilmu. 


Bahkan rasulallah pernah mengutus sahabat untuk belajar ke Cina. Memang bukan semata untuk mempelajari bahasa, tapi untuk mempelajari teknologi. Waktu itu Cina terkenal sebagai salah satu pusat peradaban. Cina sudah mengenal teknologi pembuatan mesiu untuk senjata perang, teknologi pembuatan kertas, teknologi kompas dll. 

Nah, untuk bisa belajar teknologi mereka, otomatis mengharuskan memahami bahasa mereka. Itulah kenapa bahasa dikatakan sebagai kunci ilmu. Banyak hal kita tahu kalau kita menguasai bahasa. 

So... agar kita tahu banyak hal tentang Islam tidak cara lain, kita memang harus menguasai Bahasa Arab. Tambah semangat belajar bahasa Arab, karena Bahasa ini adalah bahasa penduduk surga, tentu saja saya ingin menjadi bagian dari mereka, Allahumma aamiin...

Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Arab banyak kesamaannya lho... Kalau di Bahasa Inggris ada writting, reading, speaking, listening, structur, grammer. Mirip... 


Dalam bahasa arab ada juga pelajaran khot wa imlak untuk writting, qiro'ah untuk reading, sima'iyah untuk listening, muhaddatsah untuk speaking, nahwu untuk structur dan shorof untuk grammer. Ada juga balaghoh untuk pembahasan sastra nya. mirip kan...

Dari cakupan yang luas itu, fan page belajar nahwu khusus mempelajari nahwu alias structur. Tujuannya untuk memudahkan kita membaca kitab mutabanat. Agar tidak salah dalam membaca, dan agar tidak salah menterjemahkan.

Karenanya, pelajaran memang akan kita mulai dari hal paling dasar, paling mudah, dan paling pemula. 


Bagi anda yang merasa sudah mahir dalam pembahasan ini, anda bisa jadi tutor juga dengan membagikan ilmu yang anda punya. Atau kalau boring dengan materi yang terlalu dasar, anda bisa bergabung dengan fanpage #belajarshorof yang sebentar lagi akan diluncurkan.

Kali ini saya akan membagikan mapping nya dulu. Agar pembahasannya tidak kemana-mana, dan bisa langsung di palikasikan dalam tataran praktis. Waktu saya Kuliah di sebuah Kampus dengan jurusan Bahasa Arab, banyak saya jumpai teman-teman saya binggung dengan ilmu yang tengah kami pelajari. menurut hemat saya, ini terjadi karena sejak awal, tidak mengetahui mind mapping nya. 


Secara garis besar, dalam ilmu nahwu itu ada 3 pokok tingkatan pembahasan. Kita akan belajar tentang:
 

1. KATA
2. FRASA
3. KALIMAT
 

Dalam pembahasan tentang KATA, kita belum belajar mengharokati (membaca huruf akhir a, i, u atau sukun) sekali lagi belum. Pada pembahasan tentang KATA, kita hanya belajar mengidentifikasi kata, apakah termasuk kata benda (isim), kata kerja (fi'il), atau kata hubung(harfu) bersama turunannya.

Maksudnya, kalau isim, termasuk isim apa, kalo fi'il termasuk fi'il apa dan kalo harfu, termasuk harfu apa...

Nah, kalau pembahasan tentang KATA sudah kita pahami dan kuasai. Kita akan masuk pada pembahasan tentang FRASA.

FRASA adalah gabungan dua KATA atau lebih, tapi belum bisa dikatakan sebagai KALIMAT. Karena maknanya belum sempurna. Belum bisa dipahami secara utuh. 


Pada pembahasan ini, kita akan belajar tentang syibhul jumlah, mudhof-mudhofun ilayh, na'at man'ut, dzorof madzruf, athof ma'thuf dll. Pusing yaa... Tenang saja, kita tidak langsung lompat kesana kok. pelan-pelan...

Paling pucuk, kita akan membahas KALIMAT. Disinilah kita akan belajar mengharokati huruf akhir KATA. 


Penentuan ini berdasarkan posisinya dalam KALIMAT itu sebagai apa. Apakah termasuk jumlah ismiyah atau jumlah fi'liyah. Apakah kedudukannya sebagai mubtada' atau khobar. Apakah fi'il, faa'il atau maf'ulun bihi, dll.

Hm... Mau saya sih langsung lompat ke pembahasan KALIMAT. Namun perlu diingat, target kita bukan kejar setoran alias percepat penyelesaian kurikulum semata. Target kita adalah memahami dan mengaplikasikannya dalam membaca kitab gundul.

Jadi kita memang harus sabar dengan prosesnya...

Bagimana... siap belajar 3 hal tadi?


Apa saja yang akan kita pelajari dalam kelas Nahwu kali ini?

Tulislah jawaban di kolom komentar sebagai tanda bahwa anda memahami peta perjalanan pelajaran kita ini.


Yuk kita Mulai Belajar Nahwu :D [Bunda Naufa]

Related

Arabic 8055174574378277150

Post a Comment

emo-but-icon

Tulisan Unggulan

Sebulan Bisa Hafal Satu Juz?

Hafalan Al-Qur'an Yuuuk Saya memulai jadwal tahfidz harian ba'da shubuh. Saat suasana masih sangat tenang, Goma masih lelap ...

Catatan Terbaru

item